BNI Market Leader Remiten TKI

BNI Market Leader Remiten TKI
BNI Market Leader Remiten TKI
SAMPANG - Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) mengalami penurunan. Merujuk data Bank Indonesia (BI) ada 570.286 TKI yang tersebar di seluruh dunia per akhir tahun lalu. Padahal setahun sebelumnya, tercatat 636 ribu orang. Meski demikian, perbankan terus berebut pasar jasa kiriman uang (remiten) TKI yang cukup tinggi. Salah satunya, PT Bank Negara Indonesia (BNI), Tbk

     

"BNI adalah market leader remiten TKI dengan share 46 persen. Kita pun berusaha mempertahankan meski, jumlah TKI menurun," kata General Manager International Division PT BNI Tbk Bob T Ananta, di sela acara BNI Peduli Pendidikan Anak TKI di Ketapang, Sampang, Madura Selasa (31/5). Dalam acara itu, bank BUMN tersebut memberikan beasiswa kepada 46 anak TKI.

      

Lebih lanjut Bob menjelaskan, pada 2010 transaksi internasional membukukan USD 52 miliar. Transaksi itu terbagi dua, yakni incoming dan outgoing transfers. "Nilainya fifty-fifty antara incoming and outgoing," paparnya.

Dari volume incoming yang mencapai USD 26 miliar, yang tumbuh 29,66 persen dari 2009, sekitar USD 3 miliar berasal dari remiten TKI. Meski memberi sumbangan hanya 10 persen, tambah Bob, frekuensi pengiriman uang TKI sangat tinggi. "Jumlah slip remiten TKI mencapai 90 persen dari total incoming transfers," paparnya.

SAMPANG - Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) mengalami penurunan. Merujuk data Bank Indonesia (BI) ada 570.286 TKI yang tersebar di seluruh dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News