BNPB Minta Tambahan Dana Rp 3,6 T untuk Sumbar

BNPB Minta Tambahan Dana Rp 3,6 T untuk Sumbar
BNPB Minta Tambahan Dana Rp 3,6 T untuk Sumbar
JAKARTA - Meski alokasi anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun ini mengalami peningkatan 100 persen lebih, menjadi sekitar Rp 816 miliar, namun lembaga tersebut masih meminta tambahan lagi. Tambahannya pun cukup besar, yakni sekitar Rp 4,5 triliun.

Sekretaris Utama BNPB, Fatchul Hadi mengatakan, besarnya usulan itu karena Rp 3,6 triliun akan dialokasikan untuk penanganan bencana Sumatera Barat (Sumbar). "Saya dapat informasi dari Gubernur, kalau Sumbar masih butuh dana Rp 3,6 triliun. Itupun dananya belum tertata di APBN 2011, baik di BNPB maupun kementerian/lembaga yang menangani infrastruktur. Makanya, kami mengusulkan tambahan anggaran," ungkap Fatchul, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (1/2).

Selain untuk Sumbar, tambahan anggaran tersebut menurut Fatchul, nantinya akan dibagi ke Wasior dan Mentawai. Wasior mendapatkan dana Rp 239 miliar, Mentawai Rp 486 miliar, serta Merapi Rp 465 miliar, di samping (juga) dana on call Rp 200 miliar.

Dijelaskan Fatchul, BNPB sendiri pada 2010 sudah menyalurkan dana bantuan untuk penanggulanan banjir Wasior sebanyak Rp 9,2 miliar, tsunami di Mentawai Rp 13,9 miliar, serta letusan gunung Merapi sebesar Rp 39,5 miliar. "Itu yang kita kasih baru dana awal saja. Nanti masih ada tambahan lainnya. Karena itu, kami berharap dukungan (dari) Komisi VIII," ucapnya.

JAKARTA - Meski alokasi anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun ini mengalami peningkatan 100 persen lebih, menjadi sekitar Rp

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News