Bolehkah Makan Sebelum Olahraga?

Bolehkah Makan Sebelum Olahraga?
Olahraga. Ilustrasi: Yahoo

jpnn.com - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk aktivitas fisik orang dewasa (18–64 tahun) adalah 150 menit aktivitas fisik sedang atau 75 menit aktivitas fisik berat, dalam satu minggu.

Supaya bisa berolahaga dengan baik, tubuh membutuhkan energi yang cukup. Karena itu, memastikan tubuh mendapatkan asupan energi yang tepat merupakan hal penting.

Jurnal Nutrients, 2014, merekomendasikan konsumsi makanan atau minuman sumber energi yaitu 1–2 jam sebelum olahraga.

Menurut dr. Jessica Florencia, asupan seperti susu, buah, sereal, dan sports bar dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup akan membantu menyediakan energi untuk tubuh saat olahraga. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kelelahan berlebihan, pingsan, lemas, dan cedera saat olahraga.

Namun, bagaimana dengan minuman berenergi dan minuman khusus olahraga yang tinggi gula? Apakah kedua jenis minuman tersebut baik dikonsumsi sebelum olahraga?

Journal of Sports Science, 2004, menyebutkan bahwa tubuh memang membutuhkan asupan gula untuk sumber energi. Namun, asupan gula sederhana seperti pada minuman berenergi hanya akan bertahan sebentar.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, minuman tersebut cenderung membuat tubuh cepat lemas. Untuk itu, pilihan yang tepat adalah karbohidrat kompleks seperti sereal dan sports bar.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, minuman tersebut cenderung membuat tubuh cepat lemas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News