Bom Aktif Seberat Setengah Ton Ditemukan, Kalau Meledak Ngeri Banget

Bom Aktif Seberat Setengah Ton Ditemukan, Kalau Meledak Ngeri Banget
Anggota Satbrimobda Polda Kaltara, mengamankan bom peninggalan perang dunia II berukuran panjang sekitar satu meter dengan diameter 80 sentimeter ditemukan warga RT 11, Kelurahan Juata Kerikil, Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (23/5). ANTARA/Susylo Asmalyah

jpnn.com, TARAKAN - Warga yang ada di RT 11, Kelurahan Juata kerikil, Tarakan, Kalimantan Utara dihebohkan dengan penemuan bom sisa Perang Dunia II.

Pejabat sementara Panit Jibom Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Kaltara Bripka Budiono mengatakan bom tersebut memiliki berat setengah ton atau 500 kilogram.

Dia pun memastikan apabila bom itu memiliki daya ledak yang luar biasa.

"Panjangnya lebih satu meter dan radius ledaknya bisa sampai lima kilometer," kata Budiono sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (23/5)

Budiono mengatakan bom militer itu tidak ada kadaluarsa dan tetap masih aktif sampai sekarang.

Polisi dari bintara ini juga memastikan masih ada bom dan bahan peledak lain sisa Perang Dunia II di Tarakan dan kebanyakan di daerah pantai dan bandara.

"Bom ukuran besar ini sudah tiga kali ditemukan di Tarakan dan bila masyarakat menemukan untuk segera melapor, jangan diutak-atik," kata Budiono.

Jantor selaku pemilik lahan lokasi bom ditemukan mengatakan penemuan berawal saat para pekerja menggali tanah menggunakan alat berat pada Minggu (22/5).

Warga di Tarakan menemukan sebuah bom sisa Perang Dunia II dengan berat setengah ton. Bom itu diyakini memiliki daya ledak yang dahsyat.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News