Bom Sasar Gereja, Panaskan Konflik Agama di Nigeria

Bom Sasar Gereja, Panaskan Konflik Agama di Nigeria
Bom Sasar Gereja, Panaskan Konflik Agama di Nigeria
LAGOS - Sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas setelah seorang pria menabrakan mobil penuh bom ke sebuah gereja Katolik di kota Jos di negara bagian Plateu, Nigeria Minggu (11/3). Selepas kejadian tersebut, 10 orang warga Muslim dilaporkan tewas dalam serangan balasan oleh sekelompok warga Kristen.

Dikutip dari AFP, Senin (12/3), kota Jos terletak di tengah-tengah wilayah yang memisahkan daerah utara Nigeria yang mayoritas Muslim dan daerah Selatan yang didominasi umat Nasrani. Kedua kelompok umat beragama itu dalam beberapa tahun terakhir telah terlibat konflik etnis yang menewaskan ratusan jiwa.

Juru bicara pemerintah daerah Plateu, Pam Ayuba mengungkapkan, para peserta Kebaktian Minggu  sedang berkerumum keluar gereja ketika mobil tersebut menabrak gerbang dan meledak. Delapan orang termasuk pelaku bom tewas seketika, sementara setidaknya 12 orang lainnya terluka dan dilarikan ke rumah. “Korban tewas akan lebih banyak lagi seandainya mobil tersebut berhasil mendekati kerumumaan warga,” tambahnya.

Ayuba mengatakan insiden ini menimbulkan kepanikan luar biasa. Hal ini pula lah yang tampaknya membuat beberapa aparat keamanan menembaki warga yang bersikeras berkerumum di TKP dan menghalangi proses penyelidikan forensik.

LAGOS - Sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas setelah seorang pria menabrakan mobil penuh bom ke sebuah gereja Katolik di kota Jos di negara bagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News