Bos Pembuat Terompet, Ternyata Keuntungannya, Wow!

Bos Pembuat Terompet, Ternyata Keuntungannya, Wow!
Suyatno, pembuat terompet dari barang bekas.FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com - Suyatno dan anak-anaknya rela meninggalkan pekerjaan demi membuat terompet. Setiap pergantian tahun, terompet karyanya beredar di sejumlah daerah wilayah Sumatera.

M ZAINUR RIZAL

BENGKEL terompet milik Suyatno berada di RT 08, Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Di salah satu sudut rumah bercat putih itu terlihat ratusan trompet siap jual. Terompet baru diselesaikan langsung diantar ke penjuru Jambi untuk menyambut pergantian tahun.

Pria kelahiran Curup 1971 ini sudah terkenal di Sumatera Barat (Padang) dan Sumatera Selatan. Dia dikenal karena trompet karya tangannya dipasarkan di sana.

Dia memanfaatkan barang bekas untuk membuat terompet, seperti, kalender, sampul buku, karton bekas dan plastik berwarna emas. Dia mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta.

Kepada Harian Pagi Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), dia mengatakan, keahlian yang dimiliki itu hanya dari iseng, ketika duduk di bangku SMA.

Waktu itu melihat anak yang sedang bermain terompet. “Saya coba gunting-gunting kertas bekas sampul buku, ketika saya rangkai, bisa jadi terompet,” katanya.

Momen pergantian tahun selalu dinanti Suyatno dan anak istrinya. Dari hasil produksi terompet tahun baru, dia meraup untung lumayan besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News