BPIP: Gunakan Teknologi Komunikasi untuk Memperkuat Cinta Tanah Air

BPIP: Gunakan Teknologi Komunikasi untuk Memperkuat Cinta Tanah Air
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo (kedua kiri) saat Diskusi dan Dialog Pembumian Pancasila di Pondok Pesantren Abdurahman Wahid Soko Tunggal, Jakarta, Rabu (15/9). Foto: Dok. BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan kemajuan teknologi di era sekarang harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia.

Budayawan yang akrab dipanggil Romo Benny ini juga menekankan pentingnya menjaga keragaman khususnya di era kemajuan teknologi dan memperkuat nilai cinta tanah air dan budaya.

“Penting menjaga keragaman dan kemajemukan ketika generasi gadget menggunakan teknologi komunikasi untuk memperkuat nilai cinta tanah air dengan menciptakan teknologi tepat guna untuk mengembangkan basis industri rumah tangga,” tegas Benny saat Diskusi dan Dialog Pembumian Pancasila di Pondok Pesantren Abdurahman Wahid Soko Tunggal, Jakarta, Rabu (15/9).

Dalam kesempatan itu, Romo Benny mengajak untuk mencontoh tokoh bangsa seperti Gus Dur yang senantiasa membumikan Pancasila.

Benny juga mengatakan berhubung industri berbasis aplikasi teknologi digital yang mendunia maka penting berpikir global bertindak lokal.

Sementara itu, Gus Nuril yang juga hadir dalam dialog ini menekankan musuh bangsa ini adalah melawan lupa khususnya dalam hal budaya.

“Penyakit bangsa ini adalah lupa. Kita lupakan budaya kita nan indah sehingga tidak menyadari spirit budaya asing sudah masuk ke dalam tubuh kita," ujar Gus Nuril.(fri/jpnn)

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo mengingatkan untuk menggunakan teknologi komunikasi untuk memperkuat nilai cinta tanah air.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News