BPS Sebut Masyarakat Puas dengan Layanan Haji

BPS Sebut Masyarakat Puas dengan Layanan Haji
BPS Sebut Masyarakat Puas dengan Layanan Haji
JAKARTA - Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas masyarakat Indonesia yang sudah pernah naik haji menyatakan puas terhadap pelayanan haji di tahun 2010. Bahkan layanan haji dianggap semakin membaik dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2009.

"Itu murni dari tiga ribu masyarakat yang kita jadikan sampel survei. Jadi, tidak mengada-ngada atau dibuat-buat, ataupun pesanan dan arahan dari Kementerian Agama," kata Kepala BPS RI, Rusman Heriawan, saat memaparkan hasil survei pelayanan haji Indonesia, Senin (8/8), di aula BPS.

Rusman menambahkan, walaupun masyarakat mengaku puas terhadap pelayanan haji, namun tetap mengeluhkan kurang maksimalnya masalah katering, transportasi, dan pemondokan jamaah di Arab Saudi. Sehingga menurutnya, hal ini (tetap) perlu menjadi perhatian Kementerian Agama RI (Kemenag) dalam memaksimalkan pelayanan haji di tahun yang akan datang.

Sementara itu, Menag Suryadharma Ali mengakui bahwa keluhan masyarakat dari hasil survei BPS tersebut benar adanya, dan sekarang ini sedang terus diperbaiki. Mengenai katering, menurut Menag, memang cukup berat dan repot mengatasinya. Sebab, jamaah haji terdiri dari berbagai daerah dan kebiasaan, sehingga makanan yang disediakan terkadang tidak sesuai dengan seleranya.

JAKARTA - Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas masyarakat Indonesia yang sudah pernah naik haji menyatakan puas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News