Braveheart

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Sabtu, 19 Juni 2021 – 17:03 WIB
Braveheart - JPNN.com
Para pemain Inggris (putih-putih) tampak frustrasi di daerah pertahanan Skotlandia. Foto: AP

jpnn.com - Menonton laga Inggris melawan Skotlandia dalam lanjutan pertandingan Grup D Euro 2020, Sabtu (19/6) laksana menonton pertempuran rakyat Skotlandia melawan penguasa Inggris, yang digambarkan dalam film epik lawas Braveheart yang dirilis pada 1995.

Film ini bercerita tentang perjuangan prajurit Skotlandia pada abad ke-13 untuk melawan pemerintahan Inggris yang semena-mena.

Aktor Mel Gibson menjadi pemain utama memainkan tokoh William Wallace. Gibson sekaligus bertindak sebagai sutradara dan produser.

Penampilan Gibson sebagai prajurit William Wallace dengan rambut panjang dan wajah dihiasi face painting, cat warna biru muda, menjadi salah satu ikon paling dikenal dalam dunia sinema internasional.

Film Braveheart mendapatkan lima penghargaan Oscar termasuk best pictures, best cinematography, dan Mel Gibson menyabet best director.

Braveheart berlatar sejarah 1280. Setelah kematian Raja Alexander III dari Skotlandia yang tidak meninggalkan keturunan, Skotlandia kemudian diserbu oleh Inggris di bawah pimpinan Raja Edward.

Baca Juga:

William Wallace yang menjadi keluarga kerajaan menyaksikan ayah dan kakaknya terbunuh, tetapi dia berhasil selamat dan kabur bersama pamannya.

Beberapa tahun kemudian, Wallace kembali ke Skotlandia dan menikahi teman masa kecilnya yang bernama Murron MacClannough.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...