BSN: Alat Kesehatan Terkalibrasi Percepat Penurunan Kasus Covid-19

BSN: Alat Kesehatan Terkalibrasi Percepat Penurunan Kasus Covid-19
Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU), BSN sebagai lembaga metrologi nasional di Indonesia juga berpartisipasi dalam perbandingan pengukuran. Foto Humas BSN

jpnn.com, JAKARTA - Metrologi memegang peran sentral dalam inovasi ilmiah, industri manufaktur, perdagangan, kesehatan, keselamatan, keamanan dan perlindungan terhadap kepentingan umum.

Menurut Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran Badan Standardisasi Nasional (BSN), Hastori, aktivitas pengukuran ini sangat penting dalam menjamin kesesuaian suatu produk terhadap standar yang diacu.

Terutama jaminan bahwa pengukuran yang dilakukan dalam memproduksi barang tersebut telah sesuai, termasuk bagaimana menguji kesesuaian produknya.

Apalagi kondisi saat ini terkait dengan penanganan pandemi Covid-19, penggunaan alat kesehatan yang terkalibrasi, lanjut Hastori, diharapkan  mempercepat penurunan jumlah kasus aktif dan pada akhirnya memulihkan perekonomian nasional. 

“Memastikan hasil pengukuran dari alat kesehatan yang digunakan terjamin nilainya dan mampu telusur ke sistem internasional, menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” tegas Hastori dalam seminar memeringati Hari Metrologi Sedunia tahun 2021 secara daring, Kamis (27/5).

Pada kesempatan sama, Deputi Bidang Akreditasi BSN, Donny Purnomo berpendapat, metrologi harus mendapatkan pengakuan internasional.

Dia melihat, di seluruh dunia ini, lembaga metrologi nasional sedang terus memajukan ilmu pengukuran dengan mengembangkan dan memvalidasi teknik pengukuran baru pada level kepuasan yang diperlukan. 

Oleh karenanya, dalam mengelola Standar Nasional Satuan Ukuran, BSN sebagai lembaga metrologi nasional di Indonesia juga berpartisipasi dalam perbandingan pengukuran yang dikoordinasikan Bureau International des Poids et Mesures (BIPM), untuk memastikan keandalan hasil pengukuran di seluruh dunia.

badan standardisasi Nasional gencar melakukan kalibrasi pengukuran alat-alat kesehatan dalam penanganan Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News