BTN Garap Pasar Menengah ke Bawah

Siapkan Biaya Rp 23 Miliar

BTN Garap Pasar Menengah ke Bawah
BTN Garap Pasar Menengah ke Bawah
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) melirik masyarakat kelas menengah ke bawah. Saat ini terdapat potensi 40 juta orang di sektor ekonomi lemah yang belum tersentuh sistem perbankan.

Direktur Utama BBTN, Iqbal Latanro, mengatakan untuk merealisasikan target tersebut pihaknya akan mengeluarkan produk baru tanpa biaya administrasi. Menurut rencana produknya akan diberi nama Tabungan BTN Cermat. "Tabungan ini tanpa biaya administrasi sama sekali. Ini memang untuk membantu masyarakat ekonomi lemah yang ingin menabung tetapi terkendala biaya administrasi dan persyaratan lainnya," ujarnya dalam keterangan resmi, kemarin.

Calon nasabah hanya perlu menyetorkan dana sebesar Rp 10 ribu dan setoran berikutnya hanya Rp 5 ribu. Tempat percontohan (pilot project) akan dilakukan di dua kota yaitu Semarang dan Ungaran mulai Agustus 2011.

Iqbal mengatakan produk baru ini ditargetkan bisa menambah 1 juta nasabah baru dalam lima tahun pertama. Sebab butuh sosialisasi ekstra untuk menjangkaunya. "Sementara ini untuk menjangkau mereka, kami bekerjasama dengan Kantor Pos yang ada di daerah tersebut. Ada 10 lokasi yang sudah disiapkan. Kalau ini sukses akan kami lanjutkan ke seluruh Indonesia," tekadnya.

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) melirik masyarakat kelas menengah ke bawah. Saat ini terdapat potensi 40 juta orang di sektor ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News