Bu Rieke Ingatkan Pentingnya Statistik Akurat dalam Pembangunan

Bu Rieke Ingatkan Pentingnya Statistik Akurat dalam Pembangunan
Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka memberikan kuliah umum di Universitas Jember (Unej), Kamis (8/12/22). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JEMBER - Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengingatkan pentingnya statistik akurat agar pembangunan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan rakyat.

"Untuk membangun Indonesia, tentu sangat dibutuhkan angka ataupun statistik yang akurat," kata Rieke.

Dia menyampaikan itu saat menyampaikan kuliah umum bertema "Pancasila: Ilmu Amaliah, Ilmu Ilmiah dalam Kebijakan Pembangunan" di Universitas Jember (Unej) , Kamis (8/12).

"Untuk itu saya mengajak seluruh elemen memperjuangkan hadirnya peraturan pemerintah tentang penyelenggaraan pemerintah berbasis data desa dan kelurahan presisi," lanjutnya.

Rieke menyebut bahwa menurut para pendiri bangsa, angka-angka yang tidak akurat digunakan untuk mengalihkan pikiran yang berujung pada manipulasi angka negara dan rekayasa statistik.

Menurut Rieke, kebijakan pembangunan Indonesia tidak mungkin berjalan tanpa berbasiskan data akurat dan aktual serta menggambarkan kebutuhan nyata rakyat di desa dan kelurahan.

Dia juga menyampaikan bahwa Pancasila adalah ilmu amaliah yang digunakan untuk mengamalkan ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, katanya, hal pertama yang dilakukan para pendiri bangsa adalah memperjuangkan ilmu pengetahuan sebagai hak warga negara.

Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengingatkan pentingnya statistik akurat agar pembangunan Indonesia didasari kebutuhan nyata masyarakat di desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News