Budi Muliawan: Kita Harus Memuliakan Para Guru

Budi Muliawan: Kita Harus Memuliakan Para Guru
Pemerhati Sosial/Alumnus FH Universitas Brawijaya dan Program Pasca Sarjana FH Universitas Indonesia Budi Muliawan. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Budi Muliawan mengatakan guru memiliki nilai yang berharga dalam mendidik siswa.

Sebab, mereka bisa membentuk integritas dan membuat peserta didik menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Menurut dia, selain memberikan ilmu pengetahuan yang baik, guru mengajarkan adab, etika, moral, dan menjunjung nilai-nilai kebenaran.

"Guru adalah teladan buat kita semua,” kata Budi Muliawan sebagai narasumber dalam MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan yang bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional di Unjani, Cimahi, Jawa Barat, Kamis (25/11).

Budi Muliawan menambahkan setiap 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Pada tanggal itulah dibentuk organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

“Kita memperingati Hari Guru Nasional untuk menghargai sejarah dan perjuangan guru,” ujarnya.

Menurut Budi, guru merupakan orang yang ditiru dan digugu. Guru tidak semata-mata mengajarkan ilmu pengetahuan dan memberikan pelajaran, tetapi membentuk karakter dan integritas peserta didik.

Memaknai Kepahlawanan Tanpa Tanda Jasa bagi Generasi Milenial artinya guru memiliki makna yang sangat penting.
Sebab, guru melahirkan para calon pemimpin dan tokoh bangsa.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Budi Muliawan semua masyarakat harus bisa memuliakan para guru, karena mereka mengajarkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News