Kamis, 22 Agustus 2019 – 03:01 WIB

Budi Sampoerna Tutup Usia

Selasa, 09 Agustus 2011 – 07:07 WIB
Budi Sampoerna Tutup Usia - JPNN.COM

Budi Sampoerna (tengah), seusai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi, Februari 2010 lalu terkait kasus dana bailout Bank Century.

SURABAYA - Mantan Presiden Komisaris PT HM Sampoerna Budi Samporerna meninggal dunia Senin malam sekitar pukul 19.25 WIB akibat sakit kanker mulut. Generasi ketiga kerajaan bisnis Sampoerna itu meninggal dunia pada usia 78 tahun di RS Premier Surabaya (dulu RS Internasional HCOS). 
 
Salah seorang kerabat Budi yang menolak namanya dikorankan mengatakan, sudah setahun Budi mengalami sakit kanker mulut. "Sebenarnya penyakit itu sudah lama. Dulu beliau sempat disuruh operasi di Amerika, tapi tidak mau," ujarnya.
 
Kondisinya makin parah beberapa bulan terakhir sehingga dia harus menjalani operasi pengangkatan lidah di RS Mt Elizabeth, Singapura. "Terus, seminggu terakhir ini kondisinya drop dan akhirnya dibawa ke rumah sakit (RS Premier)," ujarnya.
 
Kondisi Budi semakin buruk dan akhirnya konglomerat itu tutup usia Senin malam. Rencananya, jenazah Budi disemayamkan di rumah duka, Jalan Untung Suropati 58, Surabaya. Budi meninggalkan seorang istri bernama Sumarsini dan tiga orang anak (seorang laki-laki dan dua putri).
 
Sugiarto Tandjung yang mewakili keluarga mendiang mengatakan, baru hari ini mungkin pihak keluarga akan memberikan keterangan kepada media. "Sekarang keluarga mungkin masih repot di rumah sakit. Tapi, nanti jenazahnya disemayamkan di rumah duka," ujarnya.
 
Di rumah duka kemarin memang tampak sejumlah pekerja mempersiapkan tenda di teras rumah yang bertetangga dengan kediaman Konjen AS tersebut. Bahkan, peti jenazah dari sebuah perusahaan jasa pemakaman sudah dikirim ke rumah duka.
 
Budi Sampoerna merupakan salah seorang di antara anggota keluarga besar Sampoerna. Dia cucu lelaki tertua Liem Seeng Tee, pendiri pabrik rokok PT Handjaja Mandala Sampoerna.

Dia juga pernah menjabat presiden komisaris PT HM Sampoerna. Namun, setelah diambil alih Philip Morris, keluarga Sampoerna, termasuk Budi, hengkang dan tak lagi menjabat di perusahaan rokok tersebut.

Tadi malam sekitar pukul 23.20 jenazah Budi dibawa keluar dari kamar mayat RS Premier. (gun/riq/c4/nw)
 
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar