JPNN.com

Bunga Dana Haji untuk Peningkatan Layanan

Minggu, 11 Maret 2012 – 18:45 WIB Bunga Dana Haji untuk Peningkatan Layanan - JPNN.com
JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan masalah setoran awal calon jamaah haji yang masuk di dalam rekening Kementerian Agama (Kemenag). 'Dana Manfaat' atau bunga yang dihasilkan dari dana setoran awal tersebut digunakan untuk peningkatan kualitas pelayanan.

"Kata 'manfaat' itu istilah dari bank syariah. Kalau bank konvensional menyebutnya bunga. Manfaat itulah yang kita pergunakan untuk mensubsidi. Manfaat itu tidak untuk diberikan ke calon jamaah. Itu berari namanya deposito dong?. Ini kan bukan bank atau lembaga keuangan. Dana manfaat itu digunakan untuk subsidi dan peningkatan kualitas pelayanan haji," ungkap Suryadharma di Jakartaa, Minggu (11/3).

Dijelaskan, dana manfaat itu dikembalikan kepada jamaah dalam bentuk meningkatan kualitas pelayanan. Bahkan, lanjut Suryadharama, dari adanya dana manfaat tersebut para jamaah tidak perlu membayar  asuransi, paspor, makan di Jeddah, Arafah, dan  Mina.

"Dari situ juga, selisih pemondokan juga diambil dari manfaat itu. Misalnya, kemarin DPR menyetujui biaya pemondokan hanya 3200 riyal, padahal kebutuhan di lapangan 3700 riyal. Berarti kan pemerintah harus nombok 500 riyal. Itu dapat ditutup dari mana? Ya dari manfaat itu. Transportasi lokal juga tidak dipungut," pungkasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...