Bungkam Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Bungkam Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020
Pemain Persebaya Oktavianus Vernando (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol ke gawang Persija dalam final Piala Gubernur Jatim di Gelora Delta, Sidoarjo,Kamis (20/2). FOTO: ANTARA/Zabur Karuru

jpnn.com, SIDOARJO - Persebaya Surabaya tampil sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah menghajar Persija Jakarta 4-1 dalam laga final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2) petang.

Gol Persebaya dalam laga ini dicetak oleh Oktafianus Fernando menit ke-3, Makan Konate (52'), Ricky Kambuaya (56'), dan Mahmoud Eid (80'). Sementara itu, gol hiburan Persija dicetak oleh Marko Simic (43').

Persebaya dalam laga ini tampil langsung menekan pertahanan Persija. Permainan cepat nan taktis, ditunjukkan oleh Makan Konate dkk. Terbukti, serangan cepat yang dibangun, berawal dari assist Irfan Jaya, bola langsung disontek dengan apik oleh Oktafianus.

Keunggulan 1-0 tersebut membuat Persebaya diprediksi bakal menang dengan mudah. Apalagi, saat bek Persija Ryuji Utomo dikartu merah setelah melanggar David da Silva yang berhasil mencuri bola dari kakinya, pada menit ke-31. Sebagai orang terakhir, Ryuji melakukan pelanggaran dan wasit tak memberikan toleransi, langsung kartu merah.

Saat unggul jumlah pemain, Persebaya terkesan meremehkan dan terus memberikan tekanan. Alhasil, lini pertahanan mereka menjadi lengah sampai akhirnya bisa dimanfaatkan Persija. Berawal dari sepak pojok Riko Simanjuntak, Marko Simic berhasil memenangi duel dan menyundul bola yang mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-43.

Skor imbang itu langsung direspon Persebaya dengan memeberikan tekanan. Tetapi, waktu yang tersisa sedikit di babak pertama, membuat skor tak berubah sampai turun minum. Kedudukan sama kuat 1-1.

Persija yang bermain dengan sepuluh orang mencoba untuk bermain lebih taktis di babak kedua. Namun, Persebaya sudah menyiapkan strategi sapu bersih untuk memastikan kemenangan. Benar saja, menit ke-52, Makan Konate membuat Persebaya kembali unggul, skor 2-1.

Persija yang terkejut berusaha untuk mengulang kembali kemampuan mereka untuk menyamakan gol lewat serangan dari sayap. Hanya, itu tak efektif karena pemain Persebaya sudah bisa mengantisipasinya dengan mudah.

Persebaya Surabaya tampil sebagai juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah menghajar Persija Jakarta 4-1 dalam laga final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2) petang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News