JPNN.com

Calo Jual KTP Rp7 Ribu per Lembar

Selasa, 29 Desember 2009 – 08:27 WIB Calo Jual KTP Rp7 Ribu per Lembar - JPNN.com
MEDAN--Cukup berat beban calon perseorangan (independen) yang akan maju dalam pilkada Kota Medan yang akan digelar Mei 2010 mendatang. Pasalnya, setidaknya harus bisa mengumpulkan bukti dukungan berupa foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sejumlah 81 ribu lembar. Kabar yang beredar, makelar atau calo KTP mulai gentayangan. Mereka menawarkan selembar foto kopi KTP seharga Rp3 ribu. Bahkan, seorang kandidat calon perseorangan mengaku didatangi makelar yang menawarkan harga Rp7 ribu per lembar.

"Saya kerap didatangi sejumlah orang yang menawarkan KTP dukungan dengan harga Rp7 ribuan per lembar. Namun saya tak tahu apakah yang menawarkan itu makelar atau bukan. Saya nggak tahu dari mana mereka dapat (KTP itu, red),”  terang Bahdin Nur Tanjung, seorang balon independen, kepada wartawan Sumut Pos, kemarin (28/12).

Kejadian yang sama dialami Kompol Safwan Khayat. Pria yang kini masih aktif sebagai pejabat di Mapolda Sumut ini mengakui acap kali didatangi sejumlah makelar yang mengaku bisa memberikan ribuan fotokopian KTP. Namun, tawaran itu ditolaknya. “Saya nggak menggunakan makelar,” ucapnya.

Mantan Wakapolres Siantar itu menjelaskan, dirinya mengumpulkan dukungan berupa KTP sejak dari awal sebelum kemunculan ’jasa makelar’. Untuk mendapatkan KTP dukungan itu dia kerap mendatangi pengajian, komoniti bikers dan komunitas lainnya sambil melakukan presentasi tentang keinginannya untuk maju di Pilkada nanti.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...