Jumat, 15 Desember 2017 – 02:05 WIB

Calon Guru Yang Mau ke Pedalaman NSW Dibiayai Kuliah Gratis

Jumat, 01 Desember 2017 – 14:00 WIB
Calon Guru Yang Mau ke Pedalaman NSW Dibiayai Kuliah Gratis - JPNN.COM

Pemerintah negara bagian New South Wales akan mengganti biaya kuliah yang dikeluarkan 60 lulusan setiap tahunnya bila mereka bersedia menjadi guru di pedalaman negara bagian tersebut.

Ini adalah usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu sekolah di daerah-daerah pedalaman, dengan tambahan dana $ 140 juta, guna mengisi sekitar 150 posisi guru di tempat terpencil dan di daerah pedesaan.

Saat ini di negara bagian NSW ada lowongan bagi sekitar 200 staf di sekolah-sekolah pedesaan.

Beasiswa ini akan tersedia mulai tahun 2018 bagi siswa yang baru tamat SMA atau mahasiswa yang sedang belajar di jurusan keguruan.

Selain penggantian biaya kuliah, mereka juga akan mendapatkan dana $ 7500 (sekitar Rp 75 juta), guna membantu biaya kehidupan sehari-hari, dan juga bonus $ 6 ribu (sekitar Rp 60 juta) ketika mereka mulai pekerjaan menjadi guru.

Ketika mengumumkan kebijakan terbaru ini di Finley Public School, sekitar 150 km sebelah barat Albury, Menteri Pendidikan NSW Rob Stokes mengsatakan bahwa guru-guru muda akan mendapat banyak keuntungan dari sisi keuangan dengan mengajar di sekolah pedesaan.

"Insentif ini jelas akan sangat menguntungkan." kata Stokes.

"Bila saya guru muda yang baru akan bekerja, saya akan melihat ini sebagai kesempatan yang bagus."

Di Australia mahasiswa pada umumnya bisa mendapatkan pinjaman dari pemerintah untuk biaya kuliah, dengan tamatan S1 selama tiga tahun akan memiliki hutang sektitar $ 30 ribu (sekitar Rp 300 juta) yang harus dibayar mengangsur ketika mereka sudah bekerja dengan pendapatan tertentu.

Insentif untuk menarik otak muda yang cemerlang

Menteri Rob Stokes mengatakan akan juga ada perubahan dalam insentif guna menarik lebih banyak lagi guru berpengalaman untuk mengajar di sekolah regional dan terpencil, termasuk:

  • Bonus sampai $30 ribu (sekitar Rp 300 juta) di atas gaji yang diterima, tergantung pada sekolah dan tingkat kesenioran.
  • $10 ribu bonus ketika memulai kerja.
  • $5 ribu bonus tahunan, yang akan diberikan sampai 10 tahun kalau terus mengajar.
A map of NSW with the sites for new teaching HECs reforms.
Peta daerah yang masuk kategori pedesaan dan terpencil di NSW

Supplied: NSW Department of Education

"Kami ingin menarik anak-anak muda yang memiliki otak cemerlang, namun juga penting bahwa mereka mendapat dukungan dari mentor yang sudah berpengalaman, yang akan memastikan hasil pendidikan terbaik bagi anak-anak didik mereka." kata Stokes.

Menteri Stokes mengaku bahwa insentif yang sebelumnya sudah ditawarkan gagal mencegah berkurangnya tenaga guru di daerah pedesaaan, dan mengatakan bahwa insentif baru ini bukanlah hal yang serta merta akan menyelesaikan masalah.

"Ini selalu menjadi masalah, dan saya kira akan tetap akan menjadi masalah." kata Stokes.

Kepala Sekolah Finley High School Helen McCrae mengatakan mencari guru dan kemudian membuat mereka betah mengajar adalah bagian paling sulit dari pekerjaannya.

"Ini bisa menjadi masalah besar." katanya/

"Saya kadang harus mengiklankan empat kali sebelum posisi bisa terisi."

Pindah ke pedesaan untuk menjadi guru

A man in a blue button up shirt standing in front of a brick wall.
Guru Finley Public School Nicholas Campbell mengatakan kerja di pedesaan membuatnya lebih memiliki waktu dengan keluarga.

ABC News: Sarah Gerathy

Salah seorang guru yang sekarang mengajar di Finley adalah Nicholas Campbell yang berasal dari Newcastle.

Jarak antara Finley dan Newcastle adalah 810 km.

Campbell pindah bulan Januari alu, dan mengatakan kepindahannya ke daerah pedesaan adalah hal yang baik bagi karir dan juga keluarganya yang masih muda.

"Saya bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, karena jarak dari rumah ke sekolah hanya 100 meter berjalan kaki." katanya.

Sebuah kajian independen yang dibiayai oleh pemerintah Federal Australia akan menyampaikan laporan di akhir tahun mengenai bagaimana cara menarik lebih banyak guru ke daerah pedalaman, pedesaan dan kawasan regioonal.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

 
SHARES
Komentar