JPNN.com

Calon Kapolri Komjen Listyo Punya Kedekatan Emosional dengan Jokowi, Tak Perlu Diragukan lagi

Selasa, 19 Januari 2021 – 22:49 WIB
Calon Kapolri Komjen Listyo Punya Kedekatan Emosional dengan Jokowi, Tak Perlu Diragukan lagi - JPNN.com
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat RDP dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Ikatan Sarjana Profesi Perpolisian Indonesia (ISPPI) Irjen Purn Ketut Untung Yoga kembali menegaskan bahwa pencalonan Kapolri sudah ketentuan, syarat, dan prosesur undang - undang.

Menurutnya, terkait dengan penetapan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit oleh Presiden Jokowi adalah wajar dan sudah tepat.

Penetapan itu sesuai mekanisme yang mengacu kepada UU No.2 / 2002 tentang Polri, dan memilih salah satu dari 5 calon yg diajukan oleh Kompolnas

"Selain itu, kriteria jenjang kepangkatan, sisa masa tugas, kompetensi, kapabilitas, rekam jejak, dari calon terpilih sudah terpenuhi," tutur Irjen Untung Yoga pada JPNN.com.

Mantan Dubes RI untuk Myanmar itu mengatakan Komjen Listyo Sigit memiliki latar belakang penugasan khusus sebagai ADC Presiden RI yg tentunya merupakan perwira terbaik dari segala aspek sehingga terpilih di jabatan tersebut.

Karena itu, dia yakin, pengalaman selama melayani dan mendampingi presiden yang masih menjabat saat ini akan memudahkan untuk menjabarkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang harus dilakukan oleh Polri sesuai dengan tupoksi.

Selain itu, kata Untung Yoga, Komjen Listyo juga memiliki keuntungan yaitu mudah untuk berkomunikasi dengan Presiden karena ada kedekatan secara emosional.

Jika dilihat dari jenjang karier, lanjutnya, Komjen Listyo Sigit baik di bidang kewilayahan maupun sebagai Kabareskrim akan memudahkan untuk menetapkan kebijakan-kebijakan Polri dalam mengantisipasi dan menanggulangi gangguan Kamtibmas.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...