Calon Tunggal di Pilkada Berpotensi Menurunkan Partisipasi Pemilih

Calon Tunggal di Pilkada Berpotensi Menurunkan Partisipasi Pemilih
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberi atensi khusus pada semakin maraknya calon tunggal di pilkada. Sebab, ada kekhawatiran maraknya calon tunggal akan menurunkan tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilih.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi, potensi menurunnya partisipasi pemilih akibat calon tunggal di pilkada memang perlu dicermati. “Itu menjadi preseden buruk bagi demokrasi yang hakikatnya pelibatan masyarakat secara luas," ujarnya seperti diberitakan JawaPos.com, Selasa (25/10).

Anggota Komisi II DPR itu menambahkan, fenomena calon tunggal biasanya terjadi pada pilkada yang diikuti calon petahana. Tingginya elektabilitas petahana membuat bakal calon lain ciut nyali.

Akibatnya, calon penantang bagi petahana pun merasa tak bisa bersaing. "Merasa sudah kalah sebelum bertanding," tegas politikus asal Madura itu.

Sebagaimana diketahui berdasar hasil verifikasi KPU, terdapat empat daerah yang akan menggelar pilkada dengan calon tunggal. Yakni Kota Sorong, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Halmahera Tengah.(dna/JPG)

 


JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberi atensi khusus pada semakin maraknya calon tunggal di pilkada. Sebab, ada kekhawatiran maraknya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News