Rabu, 24 Juli 2019 – 03:01 WIB

Calon Tunggal di Pilkada Berpotensi Menurunkan Partisipasi Pemilih

Selasa, 25 Oktober 2016 – 12:01 WIB
Calon Tunggal di Pilkada Berpotensi Menurunkan Partisipasi Pemilih - JPNN.COM

Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberi atensi khusus pada semakin maraknya calon tunggal di pilkada. Sebab, ada kekhawatiran maraknya calon tunggal akan menurunkan tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilih.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi, potensi menurunnya partisipasi pemilih akibat calon tunggal di pilkada memang perlu dicermati. “Itu menjadi preseden buruk bagi demokrasi yang hakikatnya pelibatan masyarakat secara luas," ujarnya seperti diberitakan JawaPos.com, Selasa (25/10).

Anggota Komisi II DPR itu menambahkan, fenomena calon tunggal biasanya terjadi pada pilkada yang diikuti calon petahana. Tingginya elektabilitas petahana membuat bakal calon lain ciut nyali.

Akibatnya, calon penantang bagi petahana pun merasa tak bisa bersaing. "Merasa sudah kalah sebelum bertanding," tegas politikus asal Madura itu.

Sebagaimana diketahui berdasar hasil verifikasi KPU, terdapat empat daerah yang akan menggelar pilkada dengan calon tunggal. Yakni Kota Sorong, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Halmahera Tengah.(dna/JPG)

 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar