Cara PLN Dukung Energi Baru Terbarukan di Kalimantan

Cara PLN Dukung Energi Baru Terbarukan di Kalimantan
Ilustrasi. Fok Dok Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) melakukan kerjasama Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL), dari Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Biomassa (PLTBm) berkapasitas 10 Mega Watt (MW), serta Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Biogas (PLTBg).

Direktur Regional Kalimantan,Djoko Abumanan mengatakan, kerja sama ini menunjukkan komitmen PLN Regional Kalimantan untuk mendorong peningkatan energi baru terbarukan. Disamping itu, juga untuk memenuhi kebutuhan listrik dan memperbaiki stabilitas pasokan daya di Kalselteng.

"Kalsel dan Kalteng merupakan wilayah yang mempunyai potensi energi baru dan terbarukan cukup besar. Oleh karena itu kerjasama ini tentu memiliki potensi yang bagus. Kerjasama ini sebagai wujud komitmen PLN dalam meningkatkan penggunaan energi yang ramah lingkungan" ujar Djoko dalam siaran persnya.

Untuk itu, PLN tidak akan mengandalkan energi fosil sebagai bahan bakar pembangkit dalam jangka panjang, karena cadangan energi fosil akan habis. Di mana masing-masing perjanjian memiliki jangka waktu kontrak 20 tahun.

Djoko menambahkan, pembangunan pembangkit sumber energi baru terbarukan ini juga sejalan dengan program dan target pemerintah untuk mencapai 25 persen bauran energi baru terbarukan pada 2025, serta membantu mengurangi emisi 29 persen pada 2030.

Harga jual yang disepakati pada kerjasama ini sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 27 tahun 201, di mana kontrak untuk PLTBm adalah Rp 1.495 per kWh. Sedangkan untuk PLTBG sebesar Rp 1.365 per kWh.

"Kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti dengan proses pendanaan oleh pengembang, dan selanjutnya proses konstruksi pembangkit yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 24 bulan untuk PLTBm dan 13 bulan untuk PLTBg," tandas Djoko, Senin (25/4). (chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) melakukan kerjasama Jual Beli Tenaga Listrik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News