Catat, ini Hal yang Harus Dihindari Setelah Operasi Lasik

Catat, ini Hal yang Harus Dihindari Setelah Operasi Lasik
Ilustrasi mata sehat. Foto: Instagram

jpnn.com - Anda tertarik menjalani operasi lasik? Jika ya, ternyata banyak yang mengatakan bahwa operasi lasik tidak semudah yang dibayangkan. Khususnya setelah operasi lasik, ada beberapa hal yang harus dihindari agar proses penyembuhan luka pasca operasi tidak memerlukan waktu yang lebih lama. 

Operasi lasik, apa itu?

Dilansir dari Medicine Net, lasik yang merupakan akronim dari laser in-situ keratomileusisadalah prosedur operasi mata di mana kornea dibentuk kembali untuk mengurangi ketergantungan seseorang pada kacamata atau lensa kontak.

“Pada operasi lasik, dokter akan ‘merapikan’ permukaan kornea mata menggunakan sinar laser untuk menghasilkan permukaan kornea yang rata, dengan kelengkungan yang sempurna,” kata dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter.

Dijelaskan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, pasien yang menjalani proses operasi lasik biasanya akan mengalami beberapa gangguan penglihatan dalam waktu 24-48 jam ke depan.

“Namun, jangan khawatir dulu, karena permasalahan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya,” lanjutnya.

Di sisi lain, dr. Resthie menjelaskan, operasi lasik bukan berarti ada jaminan 100 persen kelainan mata Anda dapat sembuh sempurna.

“Lasik digunakan untuk mengobati mata miopi, presbiopi, dan silinder dengan harapan penderita tidak perlu menggunakan kacamata. Namun, tidak semua operasi lasik bisa menghilangkan kelainan pada mata sepenuhnya. Tak jarang, kacamata tetap diperlukan setelah lasik,” kata dr. Resthie.

Operasi lasik bukan berarti ada jaminan 100 persen kelainan mata Anda bisa sembuh sempurna.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News