Catut Nama Kajati, Pejabat Kukar Ditipu Rp75 Juta

Catut Nama Kajati, Pejabat Kukar Ditipu Rp75 Juta
Catut Nama Kajati, Pejabat Kukar Ditipu Rp75 Juta
SAMARINDA - Sudah berkali-kali diingatkan, tapi masih saja ada pejabat yang tertipu oleh penelepon gelap. Kali ini, pejabat di Kutai Kartanegara (Kukar) yang disebut-sebut menjadi korban penipuan, dengan cara mencatut nama Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim, Faried Harianto.

Modus operandinya, pelaku menelepon korban dengan mengatasnamakan diri Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati Kaltim, Zaenal Arif. Lalu sang penelepon meminta transfer sejumlah uang atas nama Kajati Faried Harianto.

"Pejabat si korban itu cerita sama orang. Dan, orang yang diceritakannya, ngomong sama saya. Kejadiannya beberapa hari lalu," kata Faried kepada Kaltim Post.

Ironisnya, korban yang teridentifikasi sebagai kepala dinas di lingkungan Pemkab Kukar itu dimintai uang sampai 5 kali. Setiap kali transfer sebanyak Rp 15 juta, sehingga totalnya mencapai Rp 75 juta. Selain kepala dinas, kata Faried, penipuan dengan modus yang sama juga dialami seorang anggota DPRD Kukar beberapa hari lalu. Para pejabat Kukar yang ditengarai jadi korban penipuan tersebut, diketahui memang sedang ditimpa kasus dugaan korupsi. Yakni, kasus bansos 2010 senilai Rp 108 miliar dan kasus dana operasional DPRD Kukar 2005 senilai Rp 2,98 miliar.

SAMARINDA - Sudah berkali-kali diingatkan, tapi masih saja ada pejabat yang tertipu oleh penelepon gelap. Kali ini, pejabat di Kutai Kartanegara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News