Cawapres Jokowi Mengerucut Dua Nama, Wouw!

Cawapres Jokowi Mengerucut Dua Nama, Wouw!
Presiden Jokowi. Foto: Yusran/FAJAR/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, selain Mahfud MD, Airlangga, TGB Zainul Majdi, dan Muhaimin Iskandar, satu nama lagi yang juga masuk bursa cawapres Jokowi adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Perempuan itu mempunyai segudang pengalaman dalam bidang ekonomi.

Menurut hipotesisnya, dari lima nama itu sudah mengerucut dua nama. Kedua tokoh yang berpeluang menjadi cawapres Jokowi adalah Mahfud MD dan Airlangga. Saat ini, kata dia, Jokowi sedang diserang tiga isu. Yakni isu komunisme, anti-Islam, dan pro Tiongkok.

Mahfud lah yang bisa membendung tiga isu tersebut. Sebab, pria asal Madura itu merupakan tokoh Islam, santri, bersih, akademisi, dan sangat dihormati. "Jika Mahfud disandingkan dengan Jokowi, maka tiga isu itu bisa diatasi," papar dia.

Nama Mahfud juga relatif bisa diterima parpol pendukung Jokowi, karena dia bukan orang partai. Pengalamannya juga komplit, karena dia menjadi menteri, anggota dewan, dan ketua MK.

Jadi, pengalamn eksekutif, legislatif dan yudikatif semua sudah dia miliki. Apalagi, ia juga guru besar hukum tata negara UII yang juga tokoh NU.

Cawapres Jokowi Mengerucut Dua Nama, Wouw!

Namun, jika pertimbangannya Jokowi adalah dukungan partai dan jumlah kursi di DPR, maka Airlangga yang akan dipilih. Sebagai ketua partai, tentu Airlangga mempunyai dukungan jelas dari partai. Tapi, kehadiran Airlangga belum tentu bisa diterima partai lain. Sebab, partai koalisi juga mempunyai calon masing-masing.

BACA JUGA: Tinggal Satu Nama Kandidat Cawapres Jokowi Masih Misteri

Nama kandidat cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang disebut Emrus mengerucut pada dua nama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News