Cegah Covid-19 dengan Membuat Zona Tenang, Begini Caranya

Cegah Covid-19 dengan Membuat Zona Tenang, Begini Caranya
Ilustrasi logo virus corona. foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - SAAT ini, dunia masih melakukan segala upaya untuk melawan pandemi virus corona yang telah terjadi sejak Desember lalu.

Berbagai protokol kesehatan telah dikeluarkan otoritas kesehatan untuk melindungi seseorang dari terserang COVID-19.

Misalnya dengan mengenakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan mengonsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup.

Namun, kini ada satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus mematikan ini, adalah dengan memperbanyak zona tenang.

Rumah sakit dan restoran yang merupakan ruangan berisiko tinggi bisa membuat banyak zona tenang.

Hal ini akan membantu mengurangi risiko penyebaran virus corona, kata peneliti, setelah ada studi menunjukkan mengurangi volume bicara bisa mengurangi penyebaran penyakit itu.

Dilansir Reuters, dalam upaya untuk mengendalikan transmisi, mengurangi 6 desibel saat berbicara rata-rata punya efek yang sama dengan menggandakan ventilasi ruangan, kata para ilmuwan, Rabu.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa otoritas kesehatan masyarakat harus mempertimbangkan untuk menerapkan 'zona tenang' di lingkungan dalam ruangan yang berisiko tinggi, seperti ruang tunggu rumah sakit atau fasilitas makan," tulis enam peneliti dari University of California, Davis.

Ada satu lagi cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi transmisi penyebaran virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News