Cegah Penularan Covid-19, Pemkot Yogyakarta Bakal Bagikan 130.000 Masker Kain

Cegah Penularan Covid-19, Pemkot Yogyakarta Bakal Bagikan 130.000 Masker Kain
Ilustrasi warga mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Foto : Ricardo

jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat akan membagikan 130.000 masker kain kepada warganya sebagai upaya mencegah penularan COVID-19.

Pembagian masker tersebut bakal dilakukan hingga November.

“Sebanyak 130.000 masker kain ini akan kami bagikan 13 kali, mulai hari ini hingga November 2020 di tempat-tempat umum,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat di sela kampanye pembagian masker di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia masker kain tersebut akan dibagikan di seluruh pasar tradisional, pusat perbelanjaan di Malioboro serta di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo yang juga menjadi pusat perdagangan di Kota Yogyakarta, serta di komunitas melalui Kampung Tangguh Bencana (KTB).

Pemilihan lokasi perdagangan dan tempat keramaian sebagai salah satu lokasi pembagian masker, kata dia, tidak terlepas dari hasil operasi penegakan penggunaan masker yang sudah dilakukan oleh tim dari Satpol PP Kota Yogyakarta.

Berdasarkan hasil operasi penegakan aturan penggunaan masker didapati masih banyak masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan, khususnya tidak menggunakan masker di tempat umum.

Kampanye pembagian masker tersebut juga merupakan bagian dari gerakan Satu Juta Masker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News