Cegah Penyebaran Varian Baru Covid-19, Menkes Minta Masyarakat Taati Prokes

Cegah Penyebaran Varian Baru Covid-19, Menkes Minta Masyarakat Taati Prokes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyebaran sejumlah varian baru Covid-19 memiliki kemampuan penularan yang lebih tinggi.

Dia mewanti-wanti penyebaran mutasi virus corona itu dapat dicegah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Menurut Budi, kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan yang disertai dengan penegakan kebijakan PPKM berskala mikro, pengetesan, dan pelacakan akan menjadi kunci bagi pencegahan meningkatnya kasus penularan Covid-19 di Indonesia, terutama pascalibur Lebaran.

"Penularan dari varian baru ini lebih tinggi," kata Menkes Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/5).

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat memastikan pastikan protokol kesehatannya dijalankan dengan baik. Terutama penggunaan masker.

"Untuk kepala daerah, kepala RT, lurah, kapolda, pangdam, dan gubernur tolong pastikan protokol PPKM mikro dijalankan sebaik-baiknya, demikian pula testing dan tracing," tutur mantan wakil menteri BUMN itu.

Budi menekankan pentingnya penelusuran kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19.

Pelacakan atau penelusuran dini dari orang yang diduga terpapar virus Corona dapat menjadi langkah awal untuk mencegah meluasnya penularan varian baru di tanah air.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut penyebaran sejumlah varian baru Covid-19 memiliki kemampuan penularan yang lebih tinggi.