Cegah Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Menhub Ingatkan AP II Antisipasi Hal Ini

Cegah Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Menhub Ingatkan AP II Antisipasi Hal Ini
Penyediaan tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan catatan kepada PT Angkasa Pura (AP) II usai mengecek prosedur pemeriksaan kesehatan penumpang di terminal kedatangan Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Minggu (19/9).

Menhub menilai, penyediaan tes PCR dalam rangkap pengendalian di pintu-pintu masuk internasional oleh AP II selaku pengelola Bandara Soetta sudah baik.

"Yang perlu diperhatikan adalah penyiapan ruangan khusus di bandara," kata Menhub melalui keterangan tertulisnya.

Dia meminta AP II untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan penumpang yang sedang tes PCR maupun menunggu hasilnya.

Sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 dan Kemenhub untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian baru masuk ke Indonesia dilakukan sejumlah penerapan protokol kesehatan bagi para penumpang yang datang di Bandara Soetta.

Adapun Bandara Soetta dioperasikan sebagai salah satu bandara yang dibuka untuk melayani kedatangan penumpang internasional, selain Bandara Sam Ratulangi di Manado.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang kedatangan internasional, AP II telah menyediakan 3 holding bay sebelum penumpang internasional melakukan tes PCR.

Selain itu juga disediakan 1 area menunggu (waiting bay) bagi penumpang untuk menunggu hasil tesnya serta memproses perjalanan ke lokasi karantina.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta AP II selaku pengelola Bandara Soetta untuk mencegah terjadinya penumpak penumpang.