JPNN.com

Chevron dan Holcim Dinilai Terbaik Kelola Lingkungan

Jumat, 26 November 2010 – 16:40 WIB Chevron dan Holcim Dinilai Terbaik Kelola Lingkungan - JPNN.com
JAKARTA - Chevron Geothermal Indonesia Ltd dan dan PT Holcim Indonesia, tampil sebagai perusahaan yang terbaik dalam pengelolaan lingkungan. Dalam penilaian Proper 2009-2010 yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), kedua perusahaan tersebut mendapat peringkat emas. Sementara lainnya, sebanyak 54 perusahaan mendapat peringkat hijau, peringkat biru untuk 435 perusahaan, merah untuk 152 perusahaan, serta peringkat hitam untuk 47 perusahaan.

Untuk tingkat penaatan berdasarkan sektor, angka tertinggi tercatat ada di sektor pertambangan, energi dan migas, dengan tingkat penataan 83 persen. Sementara, sektor manufaktur mencapai 72 persen, sektor kawasan dan jasa 69 persen, sedangkan yang terendah penaatannya adalah sektor agroindustri yaitu 59 persen.

Menteri Negara LH, Gusti Muhammad Hatta mengatakan, untuk status permodalan, tingkat penaatan BUMN tahun ini mencapai nilai tertinggi yaitu 76 persen, diikuti PMA sebesar 74 persen, dan yang terendah adalah PMDN dengan tingkat penaatan 65 persen. Angka ini sendiri disebut sudah jauh meningkat dibandingkan periode penilaian sebelumnya, di mana tingkat penaatan BUMN hanya 68 persen.

"Hal ini mengindikasikan kesadaran perusahaan BUMN (yang) semakin meningkat dalam pengelolaan lingkungan hidup," ucap Gusti dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (26/11).

Ditegaskan Gusti, bagi perusahaan yang mendapat peringkat hitam, akan dilanjutkan dengan proses penegakan hukum. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek jera kepada perusahaan-perusahaan yang melakukan pelanggaran hukum (nakal) tersebut. "Saat ini, masih ada 47 perusahaan yang mendapat predikat hitam. Mereka akan diproses secara hukum, agar tidak nakal lagi," tandasnya. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...