Ciptakan Lapangan Kerja, Industri Kecil Menengah Binaan PLN di Kalbar Serap Perajin Lokal

Ciptakan Lapangan Kerja, Industri Kecil Menengah Binaan PLN di Kalbar Serap Perajin Lokal
Industri Kecil Menengah (IKM) di Kampung Purun, Kelurahan Palam, Banjarbaru, Kalimantan Selatan makin eksis berkat dukungan PT PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Foto dok PLN

jpnn.com, KALIMANTAN BARAT - Industri Kecil Menengah (IKM) di Kampung Purun, Kelurahan Palam, Banjarbaru, Kalimantan Selatan makin eksis berkat dukungan PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Program TJSL PLN diawali dengan pembinaan berkelanjutan di wilayah yang terkenal dengan sumber daya purun untuk anyaman, sehingga berhasil menyerap tenaga kerja atau pengrajin lokal masyarakat sekitar.

Dalam program yang berkesinambungan sejak 2019 ini, PLN tidak hanya menyediakan pengadaan peralatan, tetapi juga memfasilitasi warga Kampung Purun untuk menggali kreativitasnya melalui berbagai pelatihan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Banjarbaru.

Hasilnya pun terlihat dan dirasakan langsung oleh para pengrajin.

Salah satu Ketua Perajin Kampung Purun Al Firdaus, Siti Mariana mengatakan, sebelum adanya TJSL PLN ini, program pemanfaatan purun di wilayahnya tidak maksimal dan dilakukan perorangan.

“Dulu purun di sini hanya dibuat untuk membuat tikar purun dan musiman saja, yaitu pada saat musim panen tiba, dan belum ada kelompok-kelompok perajin," ujarnya.

Berkat program ini, jumlah perajin di Purun baik laki-laki maupun perempuan terus bertambah.

Ada yang berprofesi mencari bahan baku purun di danau, ada juga yang membuka jasa memipihkan purun sehingga siap diolah menjadi anyaman.

Berkat program PLN, jumlah pengrajin di Purun baik laki-laki maupun perempuan terus bertambah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News