Ciptakan Lapangan Kerja, TSE Beri Warga Papua Keahlian

Ciptakan Lapangan Kerja, TSE Beri Warga Papua Keahlian
Ilustrasi. Foto: Gempar Papua

jpnn.com - JPNN.com – Kelompok usaha Tunas Sawaerma (TSE) bersama Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Provinsi (Disnaker Pemprov) Papua menggelar pelatihan kerja untuk masyarakat setempat.

Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat lokal memiliki keahlian dan kesiapan mental guna bekerja di berbagai pabrik olahan milik TSE.

Pelatihan yang baru pertama kali diselenggarakan ini berlangsung selama sebulan dan bertempat di balai latihan kerja (BLK).

Beragam bentuk pelatihan yang diberikan TSE dan Disnaker Pemprov Papua kepada masyarakat mencakup welding (pengelasan), pendingin ruangan (AC) dan elektrik.

"Mereka tinggal dan praktik di sini, setelah itu penyaluran tenaga kerja yang terlatih dan bersertifikat ini akan disalurkan kepada anak perusahaan atau perusahan lain di luar TSE," kata Staf Bagian Umum TSE Jimmy Senduk.

Jimmy mengungkapkan, Disnaker Pemprov Papua telah menjadikan perusahaannya sebagai mitra pelaksanaan lokal latihan kerja di Merauke.

Hingga kini, ujar Jimmy, telah meluluskan 41 orang. Tiga orang langsung bekerja dan sisanya masih melanjutkan pelatihan kerja kembali.

"Pelatihan juga membuka kesempatan kepada mereka yang ingin membangun usaha sendiri, semua keputusannya pada tenaga kerja dari pelatihan tersebut," tutur Jimmy.

JPNN.com – Kelompok usaha Tunas Sawaerma (TSE) bersama Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Provinsi (Disnaker Pemprov) Papua menggelar pelatihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News