COLAB: 5 Jurus Jitu Agar Terlihat Profesional dalam Rapat Virtual

COLAB: 5 Jurus Jitu Agar Terlihat Profesional dalam Rapat Virtual
Aplikasi Zoom di perangkat laptop. Foto : Sky News

jpnn.com, JAKARTA - Kemajuan teknologi dibutuhkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah gangguan teknis selama melakukan kegiatan di masa pandemi.

Salah satunya adalah pentinya device yang digunakan sebagai penunjang benerapa kegiatan jarak jauh. Hal ini terjadi lantaran rapat kini pun bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun kita berada tanpa harus berada di satu lokasi tertentu melalui platform rapat virtual.

"Tapi masih banyak yang tidak sadar kalau ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika melakukan rapat virtual. Salah satunya perihal teknis yang bisa mempengaruhi jalannya rapat,” kata Regional Product Marketing Manager APAC Jabra, Ling Lu.

Lu mengatakan, rapat virtual tetaplah kegiatan formal sebagai pekerja setiap individu yang menghadirinya. Karena itu, perlu bagi masyarakat untuk bisa memberikan impresi profesionalisme yang baik untuk memberi kesan yang baik bagi rekan dan mitra kerja.

“Kami punya lima tips sukses yang kami namai COLAB,” ujar Lu.

Menurut Lu, COLAB adalah singkatan dari Camera, Ourselves, Lighting, Audio, dan Background. Pertama, C untuk Camera.

Adanya pilihan untuk mematikan kamera dalam rapat virtual memang cukup disenangi oleh banyak orang. Namun, ternyata jika kita menyalakan kamera sepanjang rapat berlangsung, hal ini akan memberikan impresi positif bagi peserta rapat yang lain.

Kedua, O untuk Ourselves (Tampilan diri). Dalam kondisi professional, tampilan diri sangatlah penting. Karena itu, kita perlu menjaga penampilan kita dengan baik. Ketiga, L untuk Lighting (Pencahayaan).

Lu mengatakan, rapat virtual tetaplah kegiatan formal sebagai pekerja setiap individu yang menghadirinya. Karena itu, perlu bagi masyarakat untuk bisa memberikan impresi profesionalisme

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News