Cuaca Ekstrem hingga Februari

Cuaca Ekstrem hingga Februari
Cuaca Ekstrem hingga Februari
BOGOR-Cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi di Bogor dan sekitarnya akan terus berlanjut sampai Februari mendatang. Bahkan, hingga bulan depan angin puting beliung akan sering terjadi karena adanya perubahan awan cumulonimbus (cb). Sebagai upaya mitigasi tahap awal, masyarakat perlu memahami secara menyeluruh mengenai proses pertumbuhan awan cb yang dapat menyebabkan terjadinya puting beliung.

Hal ini penting agar masyarakat peka terhadap kondisi alam sekitar, sehingga dapat melakukan upaya penyelamatan dini untuk memperkecil risiko kerugian akibat bencana puting beliung yang mungkin terjadi.

Kabid Informasi dan Data Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, Hendry Antono menjelaskan, angin puting beliung merupakan bagian dari fase pertumbuhan awan hujan cb yang terbentuk akibat pemanasan intensif. Fenomena udara panas seperti yang biasa terjadi akhir-akhir ini perlu diwaspadai. Karena, distribusi panas yang tidak merata akibat perubahan cuaca mendadak akan mengganggu sistem pola tekanan udara di atmosfer.

”Kondisi ini dapat memicu peluang terjadinya hujan deras yang diikuti puting beliung, akibat adanya massa udara yang cukup besar yang turun dari awan cumulonimbus saat hujan,” ujarnya kepada Radar Bogor (Group JPNN), kemarin.

BOGOR-Cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi di Bogor dan sekitarnya akan terus berlanjut sampai Februari mendatang. Bahkan, hingga bulan depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News