Cucun Ahmad Syamsurijal Menyandang Gelar Doktor, Lulus Cum Laude

Cucun Ahmad Syamsurijal Menyandang Gelar Doktor, Lulus Cum Laude
Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal dinyatakan lulus dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk Bidang Ilmu Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNPAD. Foto: Dok. Cucun Ahmad Syamsurijal 

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal lulus dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor bidang Ilmu Administrasi Publik di Fakultas Ilmu dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Jawa Barat.

Cucun yang dinyatakan lulus dengan predikat cum laude itu mempresentasikan disertasinya yang  berjudul "Efektivitas Pengelolaan APBN dengan Menggunakan Kebijakan Aoutomatic Stabilization dalam Menghadapi Krisis.”

Di hadapan tim promotor yang diketuai Yogi Suprayogi Sugandi, S.Sos., M.A., Ph.D., Cucun berhasil mempertahankan disertasinya.

Cucun menyatakan bahwa ketika kondisi ekonomi menghadapi turbulensi, pemerintah bisa merespons dengan kebijakan countercyclical. 

“Terdapat dua pendekatan countercyclical yang bisa digunakan oleh pemerintah, yaitu kebijakan diskresi dan kebijakan automatic stabilization,” jelas Cucun, Selasa (24/1).

Dia mengatakan Indonesia pernah mengalami empat kali siklus bisnis yang memengaruhi stabilitas ekonomi secara signifikan, bahkan satu di antaranya berujung pada krisis politik yang mengakibatkan tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru.

Adapun empat krisis yang dimaksud, yakni krisis ekonomi pada 1980-an yang disebabkan berakhirnya “booming” minyak bumi.

Kemudian, terjadi pada 1997-1998 dan 2008 yang disebabkan subprime mortgage di Amerika Serikat.

Cucun Ahmad Syamsurijal resmi menyandang gelar doktor dan lulus cum laude di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News