Customs Goes to Campus: Saatnya Mahasiswa Memahami Aturan Kepabeanan dan Cukai

Customs Goes to Campus: Saatnya Mahasiswa Memahami Aturan Kepabeanan dan Cukai
Bea Cukai gencar melaksanakan Customs Goes to Campus untuk mengedukasi mahasiswa.terkait ketentuan kepabeanan dan cukai. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai terus gencar menyosialisasikan tugas dan fungsi instansi tersebut serta aturan kepabeanan dan cukai ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa.

Sebab, meningkatnya pemahaman masyarakat akan aturan tersebut diyakini dapat membantu optimalisasi kinerja pelayanan dan pengawasan instansi tersebut dan meminimalisasi tingkat pelanggaran aturan kepabeanan dan cukai di tengah masyarakat.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyebutkan melalui program bertajuk Customs Goes to School, sosialisasi menyasar kalangan mahasiswa seperti yang dilakukan Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel), Bea Cukai Tanjung Perak, dan Bea Cukai Luwuk.

"Customs Goes to School yang menyasar para mahasiswa agar dapat memahami aturan kepabeanan dan cukai secara menyeluruh dan menyebarluaskannya," kata Hatta Wardhana melalui keterangan yang diterima, Selasa (4/10).

Bea Cukai Tanjung Perak menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Vokasi Perpajakan Universitas Airlangga dan berkesempatan mengajak mahasiswa mengenal kedudukan, fungsi, tugas pokok, dan wewenang yang dimiliki instansi tersebut.

Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan jenis-jenis layanan Bea Cukai Tanjung Perak dalam perdagangan internasional, perhitungan pajak atau pungutan negara, dan ketentuan kepabeanan kargo jalur laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan Kanwil Bea Cukai Sulbagsel dengan menyasar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat pada Kelas Kepabeanan dan Cukai.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi Wakil Dekan I Bidang Akademik Ahmad Rifani yang berterima kasih kepada Bea Cukai atas kolaborasi yang terjalin hingga sosialisasi kepabeanan dan cukai bagi mahasiswa FEB Universitas Lambung Mangkurat dapat terlaksana.

Bea Cukai gencar melaksanakan Customs Goes to Campus untuk mengedukasi mahasiswa.terkait ketentuan kepabeanan dan cukai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News