JPNN.com

Cuti Bersama, Manggala Agni Tetap Pantau Titik Api

Selasa, 12 Juni 2018 – 19:52 WIB Cuti Bersama, Manggala Agni Tetap Pantau Titik Api - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemantauan titik api/ hotspot serta kegiatan patroli terus dilakukan pasukan Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sepanjang libur Lebaran.

Di saat masyarakat pada umumnya telah memasuki masa libur, Manggala Agni tetap berkomitmen melaksanakan tugas.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya ikut bekerja mengarahkan dan memonitor kegiatan di lapangan.

Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) KLHK baik yang berada di pusat maupun di 33 daerah operasional (daops) Manggala Agni di daerah tetap aktif.

"Brigade Pengendalian Karhutla KLHK, Manggala Agni tetap waspada dan lakukan terus lakukan upaya-upaya pencegahan di lapangan," ujar Direktur Pengendalian Karhutla, KLHK, Raffles B. Panjaitan.

Dia mengatakan, cuti bersama yang ditetapkan pemerintah tidak berlaku bagi Manggala Agni yang tetap menjalankan tugas operasionalnya.

Baik di lapangan maupun Posko Pusat Pengendalian Karhutla yang berada di gedung KLHK, Manggala Wanabakti.

“Petugas posko yang telah ditetapkan untuk piket akan tetap bekerja selama masa liburan. Aktivitas posko akan terus berjalan melakukan pemantauan titik panas (hotspot), monitoring kondisi cuaca, ISPU, kabut asap, intensitas curah hujan, serta memantau terus aktivitas laporan Manggala Agni di lapangan," imbuh Raffles.

Terlebih Juni adalah awal mulainya musim kemarau. Pada musim kemarau potensi karhutla bisa meningkat terutama di wilayah-wilayah rawan.

Kesiapsiagaan personel Manggala Agni terus ditingkatkan untuk mengantisipasi terjadinya karhutla.

Setiap kejadian karhutla di lapangan segera direspon oleh Manggala Agni untuk dilakukan pemadaman.

Masa lebaran ini juga bisa dimanfaatkan untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta koordinasi dan sinergi dengan para pihak.

Hasil pantauan hostpot dari Posko Pusat Pengendalian Karhutla KLHK segera ditindaklanjuti dengan dilakukan pengecekan lapangan (groundchek) untuk memastikan terjadinya kebakaran atau tidak.

Patroli di daerah-daerah rawan juga terus dilaksanakan. Upaya-upaya ini dilakukan untuk terus menekan terjadinya potensi kebakaran yang luas dan berdampak asap.(flo/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...