Daftar Nama Tokoh Berpeluang jadi Capres dan Cawapres 2024, Ada 2 Jenderal

Daftar Nama Tokoh Berpeluang jadi Capres dan Cawapres 2024, Ada 2 Jenderal
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, salah satu kepala daerah berpeluang menjadi capres di Pilpres 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lebih dari 10 tokoh yang di antaranya merupakan pimpinan partai politik dan kepala daerah punya peluang menjadi bakal calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Menurut pengamat politik pada sebuah acara diskusi di Jakarta, Rabu (7/7), para tokoh yang berpeluang maju di Pilpres 2024 adalah mereka yang punya modal popularitas dan tingkat keterpilihan (elektabilitas) yang cukup.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo dan Direktur Eksekutif Surveylink Indonesia (Sulindo) Wempy Hadir menyebut, setidaknya, ada tiga klaster yang tokoh yang berpotensi maju di Pilpres 2024, yaitu klaster kepala daerah, klaster ketua partai politik, dan klaster pejabat pemerintah/kelompok profesional.

Ari dan Wempy menyebut ada empat figur kepala daerah yang berpotensi jadi bakal capres dan bakal cawapres pada 2024, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sementara itu, ada lima sampai enam nama dari kelompok kader partai politik yang diyakini berpeluang maju, yaitu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga S Uno.

Dari kelompok profesional yang juga diyakini berpotensi maju jadi bakal capres dan cawapres nanti, yaitu Menteri BUMN Erick Thohir; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD; Susi Pudjiastuti yang pernah menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan; Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Untuk kelompok kepala daerah, Wempy menyebut Anies dan Ganjar jadi dua figur yang paling unggul dibandingkan dengan nama-nama lainnya.

“Jika diukur dari tingkat popularitas, kesukaan dan tingkat elektabilitas, hanya ada dua, Anies dan Ganjar. Saya kira figur Khofifah dan Ridwan Kamil kemungkinan sulit dilirik partai politik untuk diusung jadi capres dan cawapres,” ucap Wempy.

Berikut ini daftar nama para tokoh yang berpeluang maju sebagai capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News