Daftar Tunggu Haji Capai 1,2 Juta Orang

Daftar Tunggu Haji Capai 1,2 Juta Orang
Daftar Tunggu Haji Capai 1,2 Juta Orang
JAKARTA– Umat muslim yang ingin menunaikan rukun ibadah haji ke tanah suci tampaknya harus menanti lebih lama. Ini lantaran waiting list (daftar tunggu) calon jemaah yang ingin menunaikan naik haji antri hingga 5-6 tahun ke depan. Tercatat, waiting list lebih dari 1,2 juta JCH.

“Jemaah yang waiting list capai 1,2 juta orang. Artinya, yang nabung sekarang bisa naik haji lima sampai enam tahun ke depan,” papar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Sisditjen PHU), Kementerian Agama, Abdul Ghafur Djawahir, Senin (2/8).

Dengan estimasi setahun 230 ribu jemaah yang berangkat naik haji, bila ingin berangkat cepat, berarti nomor porsi yang berada pada urutan belakang hanya bisa mengharap penabung yang lebih dulu batal berangkat. Kementerian Agama sudah mengatur sistem pelunasan bagi jemaah pengganti.

“Khusus jemaah yang memiliki nomor porsi belakang, bisa melunasi apabila ada jemaah yang nomor porsinya berada pada ring pelunasan batal berangkat. Jadwalnya, 31 Agustus – 6 September 2010,” kata Ghafur.

JAKARTA– Umat muslim yang ingin menunaikan rukun ibadah haji ke tanah suci tampaknya harus menanti lebih lama. Ini lantaran waiting list (daftar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News