Damkar Depok Tangkap Ratusan Jenis Ular, dari Sanca hingga King Cobra

Damkar Depok Tangkap Ratusan Jenis Ular, dari Sanca hingga King Cobra
Ular sanca. Ilustrasi Foto: ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho

jpnn.com, DEPOK - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok telah menangkap dan mengevakuasi 120 ekor ular berbagai jenis selama 10 bulan terakhir.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkar Depok Welman Naipospos mengatakan jumlah itu berdasarkan data dari Januari sampai Oktober 2021.

"Dari 120 ekor ular yang berhasil kami evakuasi, jenisnya bermacam-macam dan yang terbanyak itu jenis sanca," kata Welman saat dihubungi JPNN.com, Jumat (19/11).

Jenis lainnya yaitu ular cobra, king cobra, koros, pucuk, welang, dan weling.

Welman merinci pada Januari anggotanya mengevakuasi 12 ular, Februari 12 ular, Maret 15 ular, April 12 ular, Mei 14 ular, Juni 21 ular, Juli 5 ular, Agustus 12 ular, September 10 ular, dan Oktober 7 ular.

"Paling banyak memang pada bulan Juli, dan setelah kami evakuasi, kemudian ular tersebut kami serahkan kepada komunitas pecinta reptil," terangnya.

Welman menyebut bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk evakuasi bisa langsung menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280.

"Menghindari masuknya ular, diharapkan masyarakat rutin membersihkan rumah. Jika ular sudah masuk hindari menyentuh dan menangani sendiri jika tidak terlatih," tandas Welman. (mcr19/jpnn)

Petugas Damkar Kota Depok menangkap dan mengevakuasi 120 ekor ular berbagai jenis, dari sanca hingga king cobra. Berikut datanya.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Lutviatul Fauziah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News