Dampak Supermoon, Gelombang Tinggi Capai 5 Meter

Dampak Supermoon, Gelombang Tinggi Capai 5 Meter
Kapal nelayan. Foto: Pojokpitu/JPG

jpnn.com, TUBAN - Gelombang tinggi terjadi di perairan Laut Jawa, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Hal ini adalah bagian dari dampak fenomena supermoon. Fenomena itu bersamaan dengan musim baratan, sehingga gelombang tinggi bisa mencapai 5 meter.

Peristiwa alam ini berdampak terhadap ratusan nelayan di Desa Gesikharjo Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.

Mashuri, salah satu nelayan, mengatakan lebih memilih menambatkan perahunya. Sebagian nelayan menaikkan prahu ke pantai, menghindari terjangan gelombang tinggi yang terjadi pada malam hari.

"Para nelayan juga bergantian berjaga perahu di tepi pantai, mengantisipasi perahu tenggelam akibat terjangan gelombang," kata Mashuri.

Fenomena alam supermoon ini, terjadi sejak 19 Januari hingga 22 Januari 2019. Fenomena ini akan memunculkan awan sibi sehingga berpotensi terjadi hujan lebat, angin kencang serta gelombang tinggi.

Desindra Deddy Kurniawan, Kepala BMKG Tuban, meminta para nelayan serta penguna jasa laut untuk selalu up date infomasi, agar bisa mengetahui perkembangan dari BMKG Tuban, terkait prakiraan cuaca terkini.

"Gelombang tinggi juga perlu diwaspadai, khususnya tinggi gelombang yang terjadi sangat berbahaya," jelas Desndra. (yos/jpnn)


Fenomena alam supermoon ini terjadi sejak 19 Januari hingga 22 Januari 2019 hingga menyebabkan gelombang tinggi.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News