Dana Aspirasi Bagian Skenario Kartel Politik

Dana Aspirasi Bagian Skenario Kartel Politik
Dana Aspirasi Bagian Skenario Kartel Politik
JAKARTA - Peneliti senior Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam mengatakan, Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi Partai Politik harus menolak usulan dana aspirasi Rp 15 miliar oleh DPR. Menurutnya, jika itu tidak dilakukan, maka skenario kartel politik antara eksekutif dan legislatif akan semakin nyata.

"Setgab harus bersikap tegas, bila pembentukannya memang untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Tapi kalau tidak, semakin nyata skenario kartel politik itu diciptakan para (unsur) parpol," kata Roy kepada JPNN, di Jakarta, Senin (7/6).

Sikap lemahnya Setgab terhadap usulan dana Rp 15 milyar yang diwacanakan Partai Golkar itu, diakui Roy memberikan keuntungan bagi partai yang memiliki kursi di DPR, utamanya Demokrat, Golkar, berikut PDIP. Menurutnya, realisasi anggaran itu nantinya tentu akan menjadi modal politik pada Pemilu 2014.

Roy pun menilai jika usulan dana aspirasi itu sangat erat sekali hubungannya dengan wacana peningkatan Parliamentary Treshold (PT) sebesar lima persen yang membatasi tumbuhnya partai. "Ini sangat berkaitan sekali, supaya parpol yang sudah memiliki banyak kursi di DPR tidak terganggu," katanya.

JAKARTA - Peneliti senior Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam mengatakan, Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi Partai Politik harus menolak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News