Danone Aqua Getol Kampanyekan Gerakan Bijak Berplastik

Danone Aqua Getol Kampanyekan Gerakan Bijak Berplastik
Pakar lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) Emenda Sembiring dalam Circularity Tour yang diselenggarakan Danone Aqua. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Danone Aqua bersama sejumlah InfluencerKOL dan media mengeksplorasi siklus  daur ulang sampah plastik dalam acara bertajuk Circularity Tour yang diselenggarakan pada 18-19 Desember 2018.

Para peserta mengunjungi berbagai lokasi untuk melihat langsung eksplorasi inovasi yang dapat dilakukan dalam melakukan pengelolaan sampah plastik.

Circularity Tour bertujuan menyelaraskan perspektif antara para pemangku kepentingan dalam memahami isu pengelolaan sampah plastik dan pentingnya kolaborasi lintas sektoral.

Acara dimulai dengan mengunjungi smart drop box (SDB) dan bank sampah di wilayah Kasablanka, Jakarta Selatan.

Para peserta melihat SDB yang merupakan tempat sampah pintar hasil kerja sama antara Danone Aqua, Alfamart, Telkomsel, dan Smash.  SDB ini dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik dan terhubung dengan mySmash.

Selanjutnya peserta mengunjungi recycle bussiness unit (RBU) di Tangerang yang diinisiasi Danone-Aqua sejak 2010 untuk memahami lebih dalam mengenai proses daur ulang.

Saat ini, RBU mempekerjakan 4037 pegawai dengan 60 persen di antaranya adalah perempuan. RBU ini telah menghasilkan cacahan plastik sebanyak 90 ton per bulan dari 100 ton botol plastik yang dikumpulkan dari lapak dan bank sampah di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, Bogor, dan Bekasi.

Bersama dengan RBU di Bandung, Bali, dan Lombok yang dibangun oleh mMitra Danone Aqua, keseluruhan RBU di empat kota ini menghasilkan 12.000 ton plastik cacahan per tahun.

Danone Aqua bersama sejumlah InfluencerKOL dan media mengeksplorasi siklus daur ulang sampah plastik dalam acara bertajuk Circularity Tour

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News