Dari Seniman, Budayawan Hingga Pedangdut Cita Citata Bakal Memeriahkan PKN 2019

Dari Seniman, Budayawan Hingga Pedangdut Cita Citata Bakal Memeriahkan PKN 2019
Cita Citata. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang berlangsung di Istora Senayan, 7-13 Oktober mendatang bakal meriah dengan kehadiran para seniman, budayaan, dan kegiatan permainan tradional. Bahkan sederet artis dari penyanyi dangdut ternama hingga band yang tengah eksis di kalangan milenial juga ikut terlibat. 

Penyanyi dangdut yang akan tampil dalam pembukaan PKN adalah Cita Citata. "Ada Cita Citata, ada pula Alffy Rev ft Maestro Gamelan Rahayu Supanggah, dan sinden Peny Candra pembukaan PKN. Semua itu untuk umum dan gratis,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Sri Hartini kepada wartawan, kemarin. 

Menurut Sri, kehadiran mereka bertujuan sebagai daya tarik agar bisa hadir, dikarenakan dalam kegiatan PKN nanti masyarakat bisa bernostalgia dengan permainan tradisional tempu dulu. 

“Karena PKN sebagai tempat ruang interaksi budaya untuk semua kalangan, tanpa batas usia, profesi, suku, pilihan politik ataupun agama. Ini adalah ruang inklusif,” ujar Sri.

Untuk diketahui, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud akan melaksanakan PKN. Dalam PKN kali ini terdapat ada lima kegiatan utama yakni kompetisi permainan rakyat, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, dan pawai budaya dalam kegiatan PKN yang berlangsung di Istora Senayan itu. 

Kemendikbud memperkirakan 15 ribu setiap harinya pengunjung akan datang. Semua itu tujuanya untuk masyarakat luas, tak lain sebagai ruang interaksi bagi berbagai komunitas sangat minim, akibat acap kali terjadi ketegangan sosiokultural. 

Panitia juga menyiapkan empat panggung utama yang disiapkan oleh Kemendikbud RI dalam acara tersebut yakni Panggung Nusantara, Panggung Kaebauk, Panggung Siger, dan Panggung Guyub. Masing-masing panggung punya agenda menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Selama tiga hari, area Istora akan disulap jadi penuh warna. Selain menggelar pameran dan kompetisi permainan tradisional, Pekan Kebudayaan Nasional 2019 juga akan menyuguhkan beragam pertunjukan seru, mulai dari ekshibisi kebudayaan, pergelaran karya budaya bangsa, hingga konferensi pemajuan kebudayaan.

Kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) di Istora Senayan, 7-13 Oktober mendatang bakal meriah dengan kehadiran para seniman, budayaan, dan kegiatan permainan tradional, termasuk kehadiran sederet artis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News