Darmin Calon Terkuat Gubernur BI

Darmin Calon Terkuat Gubernur BI
Darmin Calon Terkuat Gubernur BI
JAKARTA - Kursi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang kosong sejak ditinggalkan Boediono setahun lalu, akan segera terisi. Darmin Nasution yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) BI sekaligus Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur BI, disebut sebagai calon terkuat.

     

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qosasi mengatakan, hingga tadi malam, nama calon Gubernur BI yang akan diajukan Presiden SBY belum disampaikan ke DPR. "Rencananya, besok (hari ini, Red) akan masuk ke pimpinan DPR, setelah itu Selasa (2/6) baru ke Komisi XI untuk diproses," ujarnya saat dihubungi Jawa Pos tadi malam (30/5).

     

Terkait dua nama yang santer disebut sebagai calon yang diajukan presiden, yakni Darmin Nasution dan Muliaman D. Hadad, Achsanul mengatakan jika kedua calon tersebut layak dan memenuhi kriteria untuk menduduki kursi Gubernur BI. Sayangnya, Achsanul menolak menyebut apakah memang dua calon itu yang diajukan presiden. "Untuk nama calon, saya belum bisa menyebut. Tapi, yang jelas, Pak Darmin dan Pak Muliaman memang memiliki kapabilitas menjadi Gubernur BI," kata politisi Partai Demokrat asal Madura tersebut.

     

Namun, dari segi peluang untuk, Achsanul menyebut Darmin Nasution menjadi calon yang paling dijagokan. "Selama ini, Pak Darmin sudah terbukti mampu menjalankan peran Pjs Gubernur BI dengan cukup baik, jadi layak jika dia didefinitifkan," terangnya.

     

JAKARTA - Kursi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang kosong sejak ditinggalkan Boediono setahun lalu, akan segera terisi. Darmin Nasution yang saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News