Data E-KTP Bisa Jadi Pembanding DPT

Data E-KTP Bisa Jadi Pembanding DPT
Data E-KTP Bisa Jadi Pembanding DPT
JAKARTA - Persiapan perhelatan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 diwarnai kisruh daftar pemilih tetap (DPT) yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menuturkan, program e-KTP seharusnya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

 

"E-KTP itu bisa menjadi pembandingnya," kata Gamawan setelah mengikuti pelantikan Kompolnas di Istana Negara kemarin (4/6). Namun, dia menambahkan, harus ada proses verifikasi dari pihak penyelenggara, yakni KPU.

 

Lantas, mengapa DPT DKI Jakarta dianggap bermasalah? Gamawan beralasan, dalam persiapan pilgub, data DP4 (daftar penduduk potensial pemilih pemilu) masuk sebelum proses e-KTP di Jakarta selesai. "Sebelum e-KTP, (DP) itu masuk dulu. Jadi, tidak dikaitkan dengan e-KTP," jelasnya.

 

Seperti diberitakan, KPU DKI akhirnya mengumumkan DPT DKI Jakarta 2012 setelah sempat tertunda. Jumlah pemilih untuk pilgub yang dihelat 11 Juli 2012 tersebut adalah 6.982.179 orang. Perinciannya, 3.553.672 laki-laki dan 3.428.507 perempuan.

 

JAKARTA - Persiapan perhelatan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 diwarnai kisruh daftar pemilih tetap (DPT) yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News