Data Resmi: Jokowi - Ma’ruf Jauh di Bawah Prabowo - Sandiaga

Data Resmi: Jokowi - Ma’ruf Jauh di Bawah Prabowo - Sandiaga
Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin. Foto: Mifathul/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Seluruh capres dan cawapres telah menyerahkan laporan harta dan kekayaan pejabat negara (LHKPN) ke komisi pemberantasan korupsi (KPK). Semuanya telah dinyatakan lengkap dan diumumkan di situs resmi elektronik LHKPN (e-LHKPN) KPK.

Berdasar data di situs tersebut, kekayaan bakal cawapres Ma'ruf Amin tercatat paling sedikit. Harta Ma'ruf yang dilaporkan ke KPK sebanyak Rp 11,645 miliar.

Jumlah itu sudah dikurangi utang sebesar Rp 657,584 juta. Sementara itu, kekayaan pasangan Ma'ruf, yakni Joko Widodo tercatat sebesar Rp 50,248 miliar.

Jumlah kekayaan pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma'ruf terbilang jauh di bawah paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Prabowo tercatat melaporkan kekayaannya sebesar Rp 1,952 triliun. Dan Sandi sebesar Rp 5,099 triliun.

Hingga Kamis (16/8) tim kampanya nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf terus menyiapkan personel untuk kampanye. Kemarin (16/8), mereka menggelar pelatihan pengelolaan sosial media (Sosmed) bagi para relawan di salah satu gedung stasiun televisi swasta kawasan Kebun Sirih.

“Sosmed sangat penting sebagai alat kampanye,” terang Wakil Ketua TKN Johnny G Plate. Menurut dia, banyak masyarakat, khususnya generasi muda yang menggunakan sosmed. Jadi, tutur dia, kampanye melalui sosmed bisa menjangkau seluruh masyarakat.

Anggota DPR RI itu mengatakan, sekitar satu atau dua hari kedepan, capres Jokowi akan mengumumkan ketua TKN. “Hanya Pak Jokowi yang berwenang menetapkan ketua tim,” ucap politikus asal NTT itu. (bay/lum/tyo/tom)


Harta kekayaan pasangan capres – cawapres Jokowi – Ma’ruf jauh di bawah Prabowo – Sandiaga Uno.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News