DAU 63 Daerah Terancam Ditunda

DAU 63 Daerah Terancam Ditunda
DAU 63 Daerah Terancam Ditunda
JAKARTA--Kementrian Keuangan melaporkan, hingga awal Maret 2012, sebanyak 63 daerah  dari 524 Kabupaten, Kota dan Provinsi se Indonesia, belum melaporkan bahkan mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012 mereka. Menteri Keuangan telah mengirimkan surat peringatan dan siap memberikan sanksi tegas bila sampai tenggat waktu diberikan, APBD belum juga diselesaikan.

''Masih ada 63 Daerah yang belum menyampaikan APBD. Kalau sampai akhir Maret belum selesai, sesuai UU 33 tahun 2004, mulai April DAU akan ditunda 25 persen setiap bulan,'' kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono di Jakarta, Senin (12/3).

Marwanto menjelaskan, dalam APBN 2012 terdapat anggaran sebesar Rp470 triliun. Diantaranya dialokasikan untuk transfer daerah. Bila laporan APBD 2012 tidak selesai, maka menghambat Kemenkeu melakukan transfer ke daerah sesuai dengan jadwal. Hal ini dapat menghambat pembangunan di daerah.

''Padahal ini sangat penting bagi penyerapan. Kalau belum selesai juga berarti eksekusi program yang dibiayai transfer daerah belum bisa dilakukan,'' ungkapnya.

JAKARTA--Kementrian Keuangan melaporkan, hingga awal Maret 2012, sebanyak 63 daerah  dari 524 Kabupaten, Kota dan Provinsi se Indonesia, belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News