Daya Saing Ekonomi Indonesia Meningkat ?

Daya Saing Ekonomi Indonesia Meningkat ?
Daya Saing Ekonomi Indonesia Meningkat ?

JAKARTA  - Hari Raya Idul Fitri 1431 H yang jatuh hari ini rupanya membawa keberkahan bagi perekonomian Indonesia. Peningkatan daya saing Indonesia pada 2010 - 2011 naik 10 peringkat yang menunjukkan perbaikan iklim ekonomi di negeri ini secara keseluruhan.

   

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, mewakili Indonesia secara langsung menerima "hadiah" itu, kemarin. Pengumuman dilakukan pada pukul 12:00 waktu setempat dalam acara pembukaan World Economic Forum (WEF) Summer Davos di Tianjing, RRT. Forum itu sendiri akan berlangsung mulai 10 - 14 September 2010.  Berdasarkan WEF, daya saing Indonesia tercatat mengalami kenaikan 10 peringkat menjadi rangking 44 dan merupakan salah satu negara dengan prestasi terbaik atas kenaikan tersebut.

      

Dalam keterangan resminya Mari mengatakan bahwa kenaikan itu disokong oleh kondisi makroekonomi yang sehat serta perbaikan pada indikator pendidikan. "Mungkin hanya Indonesia dan Vietnam yang mencatat kenaikan peringkat secara signifikan. Faktornya antara lain perbaikan birokrasi, perbaikan dari iklim usaha, program reformasi dan kelembagaan kita yang dianggap semuanya baik," ujarnya.

      

Hal tersebut menjadi cermin membaiknya kondisi di Indonesia dan terbukanya peningkatan daya tarik Indonesia sebagai lokasi investasi termasuk relokasi sejumlah perusahaan ke Tanah Air. Seperti diketahui, belum lama ini memang terjadi relokasi berbagai industri mulai dari sepatu, elektronik, hingga otomotif ke Indonesia. Beberapa prinsipal asing berkomitmen menjadikan negeri ini sebagai basis produksi untuk melayani pasar regional dan pasar global. 

JAKARTA  - Hari Raya Idul Fitri 1431 H yang jatuh hari ini rupanya membawa keberkahan bagi perekonomian Indonesia. Peningkatan daya saing Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News