Demokrat Dukung Anies Capres, AHY Mengajak PKS dan NasDem Membentuk Sekretariat Perubahan

Demokrat Dukung Anies Capres, AHY Mengajak PKS dan NasDem Membentuk Sekretariat Perubahan
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Dok. Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengajak Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera membentuk Sekretariat Perubahan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Hal itu sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokrat mewujudkan Koalisi Perubahan. AHY menyatakan koalisi Partai Demokrat, PKS, dan Partai NasDem bertemu bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme. 

"Koalisi Demokrat, PKS, dan NasDem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata AHY dalam keterangannya, Kamis (26/1).

Sebenarnya, lanjut AHY, kerja tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final.  Menurutnya, dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan penting dan fundamental. 

Putra sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY itu menjelaskan terkait Bacapres 2024, sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan.” Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan," lanjutnya.

Terkait sosok bakal calon wakil presiden, AHY menyebutkan itu terserah Anies Baswedan. Namun, dia mengakui Partai Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai bacawapres.

“Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” jelas AHY.

Namun, lanjut AHY, diskusi bacawapres hendaknya tidak menghambat finalisasi koalisi.  Dia pun memastikan pihaknya bersikap rasional. “Jangan sampai faktor penentuan bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan,” ungkapnya.

Partai Demokrat mendukung Anies Baswedan sebagai capres. AHY mengajak NasDem dan PKS membentuk Sekretariat Perubahan untuk mengusung Anies.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News