Desa Pasiralam Tasikmalaya Rawan Bencana Longsor

Desa Pasiralam Tasikmalaya Rawan Bencana Longsor
Petugas menyingkirkan material longsoran tanah yang menutup jalan di Pasiralam, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (22/1/2020). Foto: ANTARA/HO BPBD Tasikmalaya

jpnn.com, TASIKMALAYA - Jalan Pasiralam di Kecamatan Mangunreja, Tasikmalaya, Jawa Barat, masuk dalam peta rawan terjadi bencana tanah longsor pada musim hujan. Warga pun diminta untuk lebih waspada saat melewati jalur itu.

"Berdasarkan peta kerawanan bencana bahwa Desa Pasiralam merupakan salah satu daerah yang memiliki kerawanan bencana sedang hingga tinggi," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya Dede Sudrajat kepada wartawan, Kamis (23/1).

Ia menuturkan, musim hujan sering kali menyebabkan bencana longsor. Terakhir longsor menutup badan jalan Jalan Pasiralam, Rabu (22/1) dan menyebabkan kendaraan roda empat tidak bisa melewati jalur itu.

Kendaraan alat berat ekskavator, kata dia, sudah diterjunkan untuk menyingkirkan material longsoran tanah agar akses jalan kabupaten itu bisa dilewati kendaraan.

"Alat berat sudah diterjunkan, mudah-mudahan besok (Jumat) sudah bisa dibuka," katanya.

Ia menyampaikan, BPBD Tasikmalaya sudah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang ancaman bahaya bencana longsor di jalur itu.

Selain itu, lanjut dia, BPBD koordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya untuk membuat tembok penahan tanah atau memasang bronjong agar tanah tebing di jalur itu tidak mudah longsor.

"Rencananya tebing di jalan itu dibuatkan konstruksi tembok, apakah nanti permanen atau dibuat bronjong," katanya.

BPBD Kabupaten Tasikmalaya mencatat Desa Pasiralam merupakan salah satu daerah yang memiliki kerawanan bencana sedang hingga tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News